Kejurda AFP Sulsel: Peta Kekuatan Futsal Menuju Pra PON
Komentar

Kejurda AFP Sulsel: Peta Kekuatan Futsal Menuju Pra PON

Komentar

Terkini.id, Makassar – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulsel telah resmi dibuka di GOR Sudiang, Senin, 18 September 2023.

Upaya integrasi pembinaan futsal ini bukan hanya menghadirkan pertandingan, tetapi juga sebagai ajang seleksi bagi tim futsal Sulsel untuk Pra PON yang mendatang.

Ketua AFP Sulsel, Ahmad Susanto, menyebutkan bahwa ini merupakan gelaran ketiga dari Kejurda.

“Seharusnya kami melaksanakannya setiap dua tahun. Namun, pandemi membuatnya terundur hingga tahun ini,” kata Ahmad Susanto.

Tim-tim yang berpartisipasi berasal dari 24 kabupaten kota yang telah terlatih dengan standar profesional. Hal ini memastikan kualitas pemain yang berkompetisi di atas rata-rata.

Seleksi melalui Kejurda diharapkan memperkuat tim futsal Sulsel di ajang Pra PON mendatang.

“Sulsel memiliki aspirasi untuk melampaui prestasi sebelumnya. Apalagi, bulan depan kita akan menjadi tuan rumah Pra PON zona delapan,” ungkap Ahmad.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, melihat Kejurda sebagai kesempatan scouting talenta muda.

“Inilah ajang kita untuk menemukan bakat-bakat baru. Sarana harus memadai, pembinaan terus berjalan, dan kesejahteraan atlet menjadi prioritas,” tegas Pomanto, yang juga menyatakan sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp400 miliar untuk pengembangan sarana olahraga di Makassar.

Kadispora Sulsel, Suherman, menegaskan dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Ini bukan sekedar seremoni. Kejurda adalah momentum untuk talenta muda di daerah berakselerasi dan sebagai langkah awal mencari bibit atlet untuk pra PON,” jelas Suherman.

Sulsel, yang ditunjuk sebagai tuan rumah pra PON, diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini untuk meraih tiket di PON Aceh-Sumut tahun depan.

“Kami berharap futsal menjadi cabor andalan di PON mendatang. Mari kita junjung tinggi sportivitas,” pungkas Suherman.